Maandag, 15 April 2013

PUISI" TANPAMU"


TANPAMU MU

Pagi yang indah
Bunga yang berseri
Membuat hidup indah
Bagai sinar lentera hati

                                                    Disini aku tersenyum
                                                    Disi lain aku termenung
                                                    Dicelah dunia aku termenung
                                                    Mengharapkan cahaya dalam hidupku

Ku menunggu terang datang
Tuk tinggalkan gelap dan menghilang
Bantu aku terbang melayang
Menggapai cahaya bintang

                                                    Coba dengar ku berbisik
                                                    Hidupkan mimpi-mimpi yang memudar
                                                    Ciptakan mimpi yang sempurna
                                                    Dan kita pegang roda dunia
                                                                                   
                                                                        By: Muhammad shoheh

Sondag, 14 April 2013

Pemimpin yang Efektiv

PEMIMPIN EFEKTIV (EFEKTIVE LEADERSHIP)
by:muhammad shoheh

Seorang pemimpin yang efektif sangat dibutuhkan dalam organisasi dan mereka akan melakukan hal-hal berikut ini;
1.      1. Menciptakan sebuah visi yang sesuai degan organisasinya
Visi yang sesuai akan memberikan arah kemana  organisasi akan dibawa. Visi perlu sesuai dengan tujuan didirikannya organisasi tersebut. Dari penelitian hanya 3% orang yang mempunyai visi dalam hidupnya dan 2% yang menuliskannya, namun tidak banyak yang melaksanakannya.

2.      Memperkuat dan mendorong semua lapisan organisasinya untuk mencapai visi.
Sama seperti gambaran beberapa orang yang mendorog  mobil mogok. Bila seluruh tenaga diarahkan mendorong dalam arah yang sama, maka mobil mogok itu bias berjalan kembali. Namun jika didorong dengan arah berlawanan satu dengan yang lain, maka mobil itu akan diam ditempat. Implikasinya dalam hidup manusia orang itu akan gagal untuk hidupmnya.

3.      Menciptakan suasana perasaan tim untuk merasakan mana yang terpenting.
Disini artinya apa yang menjadi perioritas akan mendapat tempat yang utama agar kita tidak membuang energy, sumber dan saya.

4.     4.  Membentuk kerjasama Tim yang Baik
Kerjasama Tim adalah suata kekuatan yang lua biasa. Melalui kerjasama hasil yang didapatkan akan berlipat ganda. Herman M. Kolliker berkata, “satu orang yang bekerjasama dengan kita sama nilainya denhgan selusin orang bekerja untuk kita.” Kalau tim kita terdiri dari sepuluh orang berapa besar kekuatannya.

5.      5.Mengkomunikasikan visi kepada seluruh lapisan organisasi
Tidak ada satu mesin penggerak yang perkasa yang dapat menggerakkan suatu oraganisasi menuju kesempurnaan dan sukses jangka panja daripada memiliki suatu visi masa depan yang menarik, berharga, dan dapat dicapai yang dibagikan kepada seluruh jajaran.

6.      6. Menciptakan suatu momen yang tepat (magic moment)
Pemimpin akan menciptakan dan mempergunakan suatu momen yang tepat untuk membuat perubahan yang dibutuhkan.

7.     7.   Menciptakan sikap yang baru dalam perilaku organisasi
Sikap yang berpusat pada sautu tujuan, yakni sikap yanhg focus akan membuat organisasi maju pesat. Jadui focus itu penting. FOKUS dapat diuraikan sebagai berikut;
F          uture
O         nward
C         are
U         se
S          implify

F-Future. Perilaku kita harus selalu berpandangan kedepan. Ini sangat penting. Jangan terus kita memandang kebelakang. Apakah dari kehidupan organisasi yang telah menjadi bagian sejarah atau hal lain. Pun begitu pula jangan tetap  pada kesuksesan masa lalu. Sukses masa lalu tidak akan membawa suskes pada masa depan. Beban pribadi masa lalu juga jangan dibawa pada masa depan, karena akan menjadi beban untuk maju.

O-Onward. Pemimpin selalu melangkah maju, tidak melangkah mundur.
Walalupun menghadapi kesulitan dan rintangan ia akan bertahan untuk maju. Napoleon Bonaparte mempunyai taktik membakar jembatan yang telah dilalui tentaranya pada masa perang. Tujuannya ialah agar mereka terus maju berperang, karena tidak ada lagi jalan mudur.

C-Care. Bagian harus menjadi inti dari tindakan sang npemimpin. Bagian care ini terletak ditengah kata focus, berarti sangat sentral dan merupakan kunci kesuksesan masa kini. Dalam dunia penuh persaingan perhatian merupakan komoditi yang mahal. Pemimpin yang memperhatikan orang lain, tasan, bawahan, rekan kerja, pemegang saham, pelanggan akan mejadi pemimpian yang luar biasa. Untuk mencapai tujuan itu ia harus menjadi orang yang rendah hati.

U-Use. Pemimpin harus mendorong pengembangan bakat dan kereativitas dari orang-orang yang terdapat diseluruh jajaran oraganisasinya. Banyak orang bekerja secara rutin dan tidak mau mengembangkan bakat dan kereativitasnya. Padahl otak manusia memiliki 10 miliar sel, tiap sel dihubungkan dengan 20.000 sel lain melalui suatu jaringan saraf dan dendrite. hal ini berarti memungkinkan kombinasi dan permutasi dalam sel otak kita menjadi lebih besar dari pada jumlah molekul dalam dunia ini.jadi kemampuan kita untuk mengembangkan ide untuk berhasil tidak terbatas.

S-Simplify. Dalam organisasi yang kita pimpin sebaiknya jangan menciptakan birokrasi yang berlapis. Buatlah seluruh prosedur kerja secar lebih sederhana, karena birokrasi yang tinggi itu sudah ketinggalan jaman dan memerlukan biaya yang mahal.


            Siapapun yang duduk dalam organisasi pasti memiliki tujuan akhir, tentu menciptakan pemimpin yang professional.

P-Persistence= berarti pemimpin sejati akan melakukan usaha tanpa putus asa, matap, kompeten, mengadakan perencanaan, memperhatikan detil dan member dorongan kepada bawahannya dalam mencapai tujuan.

R-Rewarding= pemimpin akan memberikan penghargaan, mendorong kesatuan tim, dan memeberikan kepuasan kepada tim dalam mengejar visi.

O-Organizing= Menggambarkan kemampuan pemimpian untuk selalu kreatif, inovatif dalam menjalankan funfsi kepemimpinannya. Ia mempunyai kemampuan mengatur strategi sehinga apa yang direncanakan akhirnya akan menjdai kenyataan.

Daftar pustaka: buku seri kepemimpinan (PEMIMPIN ADALAH PEMIMPI) 10 langkah menjadi pemimpin berhasil: Prof. Ir. Samuel H.Tirtamihardja MSc.

SEMOGA YANG MEMBACA BLOG INI
MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK DIMASA DEPAN