Maandag, 25 November 2013

Tips Agar Kesan Pertama Awet!

Tips Agar Kesan Pertama Awet!

Post on 08-Jul-13
Oleh Agus Gunawan
Tips Agar kesan pertama  awet!
Pada artikel yang lain telah dibahas bagaimana memikat calon pembeli pada kesan pertama hanya dalam hitungan detik. Selanjutnya sangat penting untuk dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan kesan positif terhadap lawan bicara atau calon pembeli.
Untuk mempertahankannya, cara yang tepat adalah memperbaiki bahasa tubuh anda saat berkomunikasi, presentasi atau menjual. Hal ini berdasarkan pernyataan para ahli pada abad ke 20. Seorang Julius Fast, dalam bukunya "Body Language" mengatakan bahwa tubuh tidak dapat berdusta. Artinya gerakan tubuh terlihat tulus dapat mendukung pesan anda secara mendalam. Lawan bicara akan tanpa sadar cenderung setuju dan menyukai, saat bahasa tubuh (nonverbal) disampaikan dengan benar. Bahasa tubuh yang disampaikan saat melakukan komunikasi akan memberikan pesan mendalam ke pikiran bawah sadar lawan bicara. Dengan demikian naluri lawan bicara kita (yang berasal dari pikiran bawah sadarnya) akan cenderung merasa aman untuk setuju dengan kita.




Berikut adalah Tips Agar kesan pertama awet yang dapat anda gunakan untuk menyampaikan kesan pertama secara mendalam dan mempertahankan kesan pertama yang baik.
  • Mempertahankan kontak mata selama beberapa detik membuat seseorang nampak lebih percaya diri. Terlalu sering menatap kebawah akan mengirimkan pesan tidak percaya diri pada lawan bicara. Jangan menatap mata lawan bicara terlalu lama, sesekali arahkan sejenak kearah lain.
  • Mengangkat alis pada saat orang lain berbicara memberikan kepercayaan dan menekankan sikap menerima.
  • Ekspresikan wajah anda, saat mendengarkan lawan bicara. Tindakan ini membuat lawan bicara makin merasa diterima dan dapat memberikan informasi penting yang kita butuhkan untuk memberikan penawaran yang tepat.
  • Sesekali miringkan kepala sedikit kekiri saat menanggapi lawan bicara. Gerakan seperti ini membuat orang lain merasa dipahami dan diperhatikan. Hal penting adalah perhatikan agar gerakan terjadi sealami mungkin dan dengan tenang.
  • Walaupun bahasa tubuh dominan, namun perhatikan juga cara bicara anda. Jaga agar vokal terucap dengan jelas, tidak terlalu cepat, dan gunakan warna suara yang lebih berwibawa. Untuk teknik vokal akan lebih baik bila anda bertemu dengan trainer yang dapat melatih langsung.
  • Gunakan gerakan tangan yang terbuka dalam menyampaikan pesan. Saat menunjuk tidak dengan jari telunjuk, tapi telapak tangan terbuka keatas.
  • Aturlah tatapan mata, agar menatap hanya sebatas bahu lawan bicara. Pada saat menatap muka, fokuslah hanya pada area segitiga antara kedua mata dan hidung lawan bicara.
  • Hindari menyalami dengan terlalu keras, mengenggam dengan 2 tangan saat bersalaman, meletakkan tangan dalam saku, sering memegang rambut atau sering merapikan penampilan.
  • Jagalah jarak bicara minimal tidak kurang dari 1 meter. Jarak bicara yang terlalu dekat dapat membuat lawan bicara (bisnis) tidak nyaman. Untuk presentasi dengan banyak audiens, usahakan agar anda memiliki jarak standar minimal 3 meter dengan audiens paling depan.
  • Kaki kanan yang sedikit maju kedepan pada saat bicara, dapat memberikan tambahan kesan bersemangat dan peduli.
  • Menempatkan tangan kanan di dada bagian kiri saat memperkenalkan diri atau menanggapi pesan yang positif, memberikan energy yang positif bagi lawan bicara. Gerakan ini akan membuat seseorang nampak lebih hangat dan bersahabat.
Demikian beberapa Tips Agar kesan pertama awet yang sangat penting untuk memperkuat dan menjaga kesan pertama terhadap lawan bicara. Semua teknik yang dipaparkan diatas dikondisikan pada hubungan bisnis dan untuk membangun kredibilitas anda dimata calon pembeli. Pelajari teknik ini bersama dengan orang lain untuk mendapat masukkan, agar pembelajaran berjalan maksimal. Usahakan untuk bertemu langsung dengan mereka yang sudah ahli untuk belajar secara langsung.
Sukses untuk anda!

1 opmerking:

  1. Keren gan (Y) sangat Bermanfaat artikel ini.. setelah baca ini jadi banyak inspirasi baru.. sip.. hehe
    gmna kabar nya ka shoheh?

    AntwoordVee uit